laman

Wednesday, December 2, 2015

RPP SHOLAT TARAWIH DAN SHOLAT WITIR



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Status Sekolah                       : MI Sidorejo
Mata pelajaran                      : Fikih
Kelas/Semester                       : III/
Alokasi Waktu                       : 2X 45 Menit (1 Pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
Mengamalkan Sholat Tarawih dan Witir
B.     Kompetensi Dasar
Memahami Sholat Tarawih dan Witir
C.    Indikator
Menjelaskan pengertian shalat tarawih dan witir
Menyebutkan bilangan rakaat shalat tarawih dan witir
Menghafal niat shalat tarawih dan witir
Mempraktikkan dan mengamalkan shalat tarawih dan witir
D.    Materi Pembelajaran
A. Shalat Tarawih
      Shalat tarawih ialah suatu sholata sunah yang dikerjakan setelah shalat isya pada bulan ramadhan. Hukum shalat tarawih adalah sunah muakkad (penting bagi laki-laki dan perempuan). Bisa dilakukan sendiri-sendiri, tetapi lebih baik berjama’ah. Waktunya yaitu sesudah shalat isya sampai terbit fajar (waktu subuh).
Ada beberapa pendapat mengenai bilangan rakaat shalat tarawih
a.       Pada masa Rasulullah saw masih hidup, beliau shalat tarawih bersama para sahabatnya sebanyak 8 rakaat.
b.      Pada mas sahabat umar bin Khattab r.a, shalat tarawih dilakukan sebanyak 20 rakaat. Ini dilakukan di Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi sampai sekarang.
c.       Menurut pendapat lain, shalat Tarawih bisa juga dilakukan samapi 36 rakaat.
Niat shalat tarawih yang dilakukan dengan cara dua rakaat-dua rakaat:
اصلي سنة التراويح ركعتين لله تعا لي               
Niat shalat tarawih yang dilakukan dengan cara empat rakaat-empat rakaat:
اصلي سنة التراويح اربع ركعات لله تعا لي               

B.  Shalat Witir
      Shalat witir merupakan shalat sunah pada malam hari yang jumlah rakaatnya ganjil. Shalat witir dilaksanakan sesudah mengerjakan shalat isya sampai terbit fajar atau subuh. Shalat witir tidak hanya dilakukan pada bulan ramadhan setelah shalat tarawih, tetapi juga dilakukan pada hari-hari biasa di luar bulan Ramadhan.
Jumlah rakaat shalat witir harus ganjl. Paling sedikit satu rakaat dan paling bnayak sebelas rakaat.  Namun ada yang berpendapat alin bahwa shalat witir paling banyak dilakukan tiga belas rakaat.
a.       Niat shalat witir 3 rakaat dengan dua kali salam
-niat untuk dua rakaat yang pertama
اصلي سنة الوتر ركعتين لله تعا لي                           
-niat untuk satu rakaat                  :
 اصلي سنة الوترركعة لله تعا لي                             
b.      Niat untuk shalat witir 3 rakaat yang dikerjakan sekaligus dengan satu salam:
c.       اصلي سنة الوتر ثلاث ركعا ت لله تعا لي                          
Keutamaan shalat witir:
1.      Pahala shalat witir nilainya lebih tinggi dari unta merah  (harta paling berharga bagi orang Arab)
2.      Shalat witir mengandung makna yang sangat dalam, ayaitu tentang keesaan Tuhan.
3.      Agar orang islam lebih terbiasa bangun tengah malam dan melakasanakan shalat Qiyamullail, karena pahala yang terkandung di dalamnya sangat besar,
4.      Shalat witir dapat dipandang sebagai penutup dari rangkaian shalat-shalat sunah di malam hari, dan bisa berfungsi sebagai ibadah tambahan.
E.     Metode Pembelajaran
            1. Ceramah
            2. Tanya Jawab
            3. Demonstrasi
    G.  Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran di kelas
Pertemuan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.      Guru memulai pelajaran dengan memberi salam, berdo’a dan mengecek absen siswa (displin, religius).
2.      Menanyakan kepada siswa tentang shalat tarawih dan shalat witir.
3.      Memotivasi siswa untuk melaksanakan shalat tarawih dan shalat witir








Pertemuan pertama
2x45 menit










10 Menit
Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
·         Guru menjelaskan pengertian dan cara pelaksanaan shalat tarawih dan shalat witir
2.      Elaborasi
·         Siswa mempraktekkan shalat tarawih dan shalat witir dan menghafal niatnya.
Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan



65 Menit

Penutup
  • Guru memberikan refleksi
  • Guru memberikan tugas pengayaan untuk membaca berbagai tentang keutamaan melaksanakan shalat witir
  • Mengajak siswa untuk membuat kesimpulan tentang shalat tarawih dan witir
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan tentang shalat tarawih dan witir.
  • Guru memberikan salam penutup.





  15   menit


F.     Pendidikan Karakter: Religius
G.    Sumber/Media/Alat
Sumber :
1.      Buku paket fikih kelas 3
2.      Internet
Media:
1.      Power point
Alat Pengajaran
1.         Proyektor
2.         LCD
3.         Papan Tulis
4.         Spidol
5.         Laptop
H.    Instrumen
1.      Kisi-kisi soal
2.      Lembar soal
3.      Kriteria penilian

I.       Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / soal
Ø  Menjelaskan pengertian shalat tarawih dan shalat witir
Tes tertulis
Tes uraian
Ø  Jelaskan pengertian shalat tarwih dan shalat witir?
Ø  Menyebutkan niat shalat tarawih dan shalat witir


Ø  Sebutkan niat shalat tarawih dan shalat witir!
Ø  Menyebutkan keutamaan shalat witir


Ø  Sebutkan keutamaan shalat witir!


Rubrik Penilaian
Tata bahasa                                         : 20
Keterkaitan isi dengan materi             : 60
Penyampaian                                       : 20 +
Jumlah  skor                                        =100

Nilai akhir = Skor perolehan
                      Jumlah skor x 100

Pekajangan,    Maret 2015
Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel



                   


No comments:

Post a Comment